Penerapan Augmented Reality dalam Dunia Pendidikan

Nama : Ryo Hadinata
NIM   : 1601250023
Kelas : LB26


 

PENDAHULUAN

Augmented Reality (AR) adalah sebuah penampakan/penglihatan akan dunia nyata secara real-time yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, yang elemen-elemen dari dunia nyata tersebut di-augmented (ditambahkan) oleh komputer sehingga memperkaya elemen-elemen daripada dunia nyata tersebut. Augmented Reality berbeda dengan Virtual Reality, dimana virtual reality menggantikan dunia nyata dengan dunia simulasi, akan tetapi AR bekerja secara real-time, yang hanya berada dengan benda nyata secara simultan. Dengan kemajuan pada bidang Augmented Reality, informasi-informasi yang ada di dunia nyata dapat menjadi interaktif dan dimanipulasi secara digital, karena informasi yang dibuat oleh komputer dapat ditampilkan atau dimasukkan pada objek-objek dunia nyata. Saat ini, Augmented Reality diterapkan dalam berbagai bidang, terutama pada bidang entertainment, pelatihan militer, engineering, manufacturing, dan berbagai industri lainnya. Augmented Reality dapat digunakan pada berbagai perangkat, termasuk diantaranya smartphones dan tablets, yang memiliki ratusan aplikasi AR.

PEMBAHASAN

Augmented Reality saat ini sudah banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah di bidang pendidikan. Pada saat ini, aplikasi-aplikasi AR dapat diintegrasikan untuk meningkatkan standar kurikulum yang digunakan, dikarenakan teks, grafik, video, dan audio dapat di-overlay kepada lingkungan murid secara real-time sehingga mereka dapat mempelajarinya dengan lebih baik. Buku tulis dan alat-alat bantu belajar lainnya dapat diberi sebuah marker yang jika dipindai oleh perangkat AR, akan dapat menghasilkan informasi-informasi tambahan kepada murid-murid yang ditampilkan dalam bentuk multimedia. Dengan adanya AR, murid-murid akan dapat melihat simulasi yang diciptakan oleh komputer akan sejarah-sejarah penting, bagian dan organ dari tubuh manusia, bentuk-bentuk bangun ruang atau geometri secara lebih mendalam. Di tingkat pendidikan yang lebih tinggi, banyak aplikasi yang dapat digunakan, contohnya Construct3D yang dimiliki oleh Studierstube. Construct3D membantu murid untuk belajar mengenai konsep daripada mechanical engineering, matematika, dan geometri. Ini adalah proses yang sangat baik dimana murid dapat belajar untuk belajar menggunakan teknologi.

AR dapat membantu murid-murid untuk mengerti tentang kimia dengan mengvisualisasikan struktur spasial daripada molekul dan berinteraksi dengan model virtual yang terbentuk, dalam bentuk gambar, yang diposisikan dengan marker di tangan mereka, kemudian dipindai dengan menggunakan kamera. AR juga membantu dalam bidang fisiologi untuk mengvisualisasikan berbagai sistem tubuh manusia dalam tiga dimensi. Dengan kemajuan pada AR, dapat dipastikan bahwa AR akan membawa era teknologi untuk dapat belajar secara remote, dimana pengajar dan pelajar dapat berada di lookasi yang berbeda, tetapi dapat merasakan suasana belajar secara virtual yang sama, yang dipopulasikan oleh obyek-obyek virtual dan berinteraksi dengan obyek-obyek tersebut.

AR juga dapat diaplikasikan di sekolah dasar. Murid-murid yang masih sangat muda membutuhkan visualisasi untuk belajar, sehingga AR dapat mengvisualisasikannya untuk mereka. Contohnya, mereka dapat belajar mengenai astronomi, yang biasa sulit untuk diajarkan. Dengan adanya AR, murid-murid dapat lebih mengerti tentang sistem tata surya karena mereka dapat melihatnya dalam bentuk tiga dimensi, sehingga anak-anak dibawah 6 tahun pun dapat belajar dengan adanya metode ini. Pelajar juga dapat menggantikan berbagai gambar dari buku sains mereka dengan menggunakan AR, sehingga mereka tidak hanya melihat gambar dalam bentuk dua dimensi, yang sulit dimengerti, akan tetapi dalam tiga dimensi, yang dapat dilakukan perbesaran dan pengecilan obyek, serta memutar obyek, sehingga dapat melihat obyek dari sudut yang berbeda.

KESIMPULAN

Penerapan AR dalam bidang edukasi sudah sangat maju, sehingga dapat dilihat bahwa anak-anak sudah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan dengan adanya penggunaan AR. Berbagai instansi pendidikan di dunia sudah menjelaskan bahwa mereka menggunakan berbagai platform seperti Aurasma (www.aurasma.com), Augthat (www.augthat.com), dan berbagai platform lainnya, yang membuat suasana belajar lebih nyata.

 

DAFTAR PUSTAKA

http://www.webopedia.com/TERM/A/Augmented_Reality.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Augmented_reality

http://augmentedev.com/how-augmented-reality-works.php

Stewart-Smith, Hanna. Education with Augmented Reality: AR textbooks released in Japan, ‘’ZDnet’’, 4 April 2012.

Lubrecht, Anna. Augmented Reality for Education ‘’Digital Union’’, The Ohio State University, 24 April 2012.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *